FUSA UIN Imam Bonjol Padang Berkunjung ke FEBI UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Batusangkar, 24 Juni 20214- Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang berkunjung ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Mahmud Yunus Batusangkar, dalam kunjungan ini Wakil Dekan I dan beberapa Dosen FUSA disambut baik oleh Dekan FEBI UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Tujuan dari kunjungan ini adalah sharing terkait tata kelola Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan Konsultasi tentang penyusunan dan pengisian IAPS.

Unit Pengelola Program Studi (UPPS) adalah sebuah unit dalam institusi pendidikan tinggi yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan penyelenggaraan program studi. UPPS berfungsi untuk memastikan bahwa program studi yang dijalankannya berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan dan terus mengalami peningkatan kualitas. Ada bebrapa poin penting dalam mengelola UPPS dan langkah-langkah menuju program studi unggul:

Pengelolaan Kurikulum: UPPS bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memperbarui kurikulum agar relevan dengan kebutuhan industri, perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi. Pengelolaan Dosen: UPPS mengatur penempatan, pengembangan, dan evaluasi dosen untuk memastikan bahwa tenaga pengajar memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai.

Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar: UPPS memastikan proses belajar mengajar berjalan efektif dengan menyediakan fasilitas yang memadai serta metode pembelajaran yang inovatif. Monitoring dan Evaluasi: UPPS melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan program studi untuk mengidentifikasi area yang perlu perbaikan. Pengelolaan Sumber Daya: UPPS mengelola sumber daya yang dimiliki, termasuk sarana dan prasarana, anggaran, serta bahan ajar, untuk mendukung kelancaran program studi. Penjaminan Mutu: UPPS bertugas memastikan bahwa semua aspek program studi memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan oleh institusi pendidikan dan badan akreditasi.

Menuju Program Studi Unggul

Untuk mencapai status sebagai program studi unggul, ada beberapa langkah strategis yang perlu dilakukan oleh UPPS:

Evaluasi dan Perencanaan Strategis: Melakukan evaluasi menyeluruh terhadap program studi yang ada, mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (analisis SWOT), serta merumuskan rencana strategis jangka panjang.

Peningkatan Kualitas Kurikulum: Mengembangkan kurikulum yang adaptif terhadap perubahan global dan lokal, serta relevan dengan kebutuhan industri. Melibatkan para ahli dari berbagai bidang untuk memberikan masukan dalam penyusunan kurikulum.

Pengembangan Sumber Daya Manusia: Meningkatkan kompetensi dosen dan staf melalui pelatihan, workshop, seminar, dan studi lanjut. Memberikan penghargaan dan insentif bagi dosen yang berprestasi dan inovatif.

Fasilitas dan Infrastruktur: Memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar mengajar, seperti laboratorium, perpustakaan, dan teknologi informasi.

Kerjasama dan Networking: Membangun kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk industri, lembaga penelitian, dan institusi pendidikan lain baik di dalam maupun luar negeri. Ini bisa mencakup program magang, penelitian bersama, dan pertukaran mahasiswa atau dosen.

Penelitian dan Publikasi: Mendorong dosen dan mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah. Menyediakan dana hibah penelitian dan akses ke jurnal ilmiah internasional.

Pengembangan Kegiatan Mahasiswa: Meningkatkan kualitas kegiatan kemahasiswaan yang mendukung soft skills, seperti organisasi mahasiswa, kegiatan sosial, kompetisi akademik, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Sistem Penjaminan Mutu Internal: Menerapkan sistem penjaminan mutu internal yang efektif untuk memastikan semua proses berjalan sesuai dengan standar dan terus mengalami perbaikan berkelanjutan.

Unit Pengelola Program Studi memiliki peran krusial dalam mengelola dan mengembangkan program studi. Melalui strategi yang tepat dan pelaksanaan yang konsisten, UPPS Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang dapat membawa program studi mencapai status unggul, yang tidak hanya memenuhi standar kualitas tetapi juga mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *