Kegiatan Akselerasi Baca Kitab Standar Prodi IAT dan ILHA FUSA UIN Imam Bonjol Padang

Padang, 23-26 Mei 2024- Kegiatan Akselerasi Membaca Kitab Standar adalah kegiatan yang dirancang untuk pembekalan mahasiswa IAT dan ILHA smt 2 yang akan memasuki perkuliahan yg menggunakan kitab gundul pada semester berikutnya. Beberapa mata kuliah dimaksud adalah Ushul at Tafsir wa Qawaiduhu Balaghah Alquran Tarjamah Alquran Studi Kutub alHadis, Studi Kitab Ushul al Hadis Studi Kutub alSyarah alHadis Maanil Hadis yang merupakan mata kuliah keahlian prodi.

Ketua prodi IAT Dr. Ilhamni, Lc, MA., selalu pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan ini kita rancang untuk menyahuti kebutuhan mahasiswa IAT dan ILHA meningkatkan kemampuan baca Kitab standar. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca Kitab standar. Kegiatan Akselerasi Membaca Kitab Standar dilaksanakan selama 4 hari bertempat di kelas belajar gedung FUSA UIN IB Padang.

Koordinator kegiatan Dr. Azhariah Fatia, MA mengatakan, skema kegiatan ini kita laksanakan degan beban 15 jam pelajaran. Mahasiswa IAT dan ILHA angkatan 2023 yang berjumlah 200 orang dibagi menjadi 10 kelompok belajar yang masing2 dipandu oleh 1 instruktur. Instruktur yang kita libatkan adalah dosen2 yang memiliki kualifikasi profesional dalam membaca Kitab Standar..
Mahasiswa kita bagi 3 kategori, dasar, menengah dan cakap. Setiap kategori diberikan materi, bahan ajar dan capaian pembelajaran yang berbeda-beda.

Kita berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, tapi ada tindak lanjut kegiatan secara mandiri. Dosen senior IAT dan ILHA Prof. Dr. Syafruddin, MAg dan Prof. Dr. Edi Dari menyambut baik kegiatan ini dan mendukung keberlanjutan kegiatan secara mandiri. Hal ini disampaikan pada rapat persiapan kegiatan Akseleraai, dengan menyatakan kesediaan memberikan jam belajar tambahan yang insya Allah akan dilaksanakan rutin setiap pekan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *