PPL DIGITALISASI HADIS:MAHASISWA PRODI ILMU HADIS FUSA UIN IMAM BONJOL PADANG KE PUSAT KAJIAN HADIS BOGOR

Padang-Bogor, 8-28 Mei 2024- Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah bagian penting dari kurikulum di banyak program studi, termasuk Prodi Ilmu Hadis di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. PPL ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan teoritis yang mereka peroleh selama studi di lapangan, serta mengembangkan keterampilan praktis yang diperlukan dalam bidang keilmuan mereka.

Salah satu kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Hadis FUSA UIN Imam Bonjol Padang adalah kunjungan ke Pusat Kajian Hadis (PKH) di Bogor. PKH adalah lembaga yang berfokus pada penelitian, kajian, dan digitalisasi hadis, serta penyebaran ilmu hadis secara lebih luas. Berikut adalah rincian kegiatan yang dilakukan dalam PPL tersebut.

Tujuan PPL: Peningkatan Kompetensi Mahasiswa, Memperluas wawasan dan pemahaman mahasiswa tentang proses digitalisasi hadis serta tantangan dan peluang yang ada di bidang tersebut. Aplikasi Teori Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan teoritis mereka tentang ilmu hadis dalam konteks praktis. Kolaborasi dan Jaringan, Membangun jaringan profesional dengan para pakar dan praktisi di Pusat Kajian Hadis.

Adapun kegiatan yang dilakukan selama PPL, Mahasiswa Ilmu Hadis mengikuti semacam workshop yang dipandu oleh para ahli dari PKH mengenai teknik dan metodologi digitalisasi naskah hadis. Pelatihan penggunaan perangkat lunak dan teknologi yang digunakan dalam proses digitalisasi. Selanjutnya ada sesi diskusi interaktif dengan para peneliti dan staf PKH mengenai isu-isu kontemporer dalam studi hadis dan tantangan dalam proses digitalisasi. Tanya jawab seputar pengalaman praktis dan kendala yang sering dihadapi dalam proyek digitalisasi. Kemudian Mahasiswa dibagi dalam kelompok kecil dan diberikan tugas untuk melakukan simulasi proyek digitalisasi hadis, mulai dari scanning hingga verifikasi dan pengolahan data. Setiap kelompok kemudian mempresentasikan hasil kerja mereka dan mendapatkan feedback dari para mentor di PKH. Dan ada juga kegiatan tambahan seperti praktek manasik Haji dan kegiatan lainnya.

Manfaat yang diperoleh dalam mengikuti program PPL ini adalah. Pengalaman Praktis, Mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam digitalisasi hadis, yang sangat berguna untuk karier akademik dan profesional mereka. Keterampilan Teknologi, Peningkatan keterampilan dalam menggunakan teknologi modern untuk keperluan akademis dan riset. Jaringan Profesional, Kesempatan untuk berinteraksi dan membangun jaringan dengan para pakar dan praktisi di bidang studi hadis. Pemahaman Mendalam, Peningkatan pemahaman tentang pentingnya pelestarian hadis

Melalui digitalisasi dan bagaimana teknologi dapat berkontribusi dalam bidang ini. Melalui PPL di Pusat Kajian Hadis Bogor, mahasiswa Prodi Ilmu Hadis FUSA UIN Imam Bonjol Padang tidak hanya mendapatkan ilmu dan keterampilan baru, tetapi juga termotivasi untuk terus berinovasi dalam studi dan penelitian hadis di era digital.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *