Seminar Dialog Beragama “Merajut Nilai Keberagaman dan Toleransi Generasi Milenial”

Padang, 25 Juni 2024 – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Studi Agama-agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang bekerja sama dengan Pelita Padang mengadakan seminar bertajuk “Merajut Nilai Keberagaman dan Toleransi Generasi Milenial.” Acara ini bertujuan untuk mendiskusikan kebebasan beragama dan berkepercayaan di kalangan generasi milenial.

Seminar ini mengupas berbagai aspek kebebasan beragama, dimulai dari pengenalan Pelita Padang, peran anak muda dalam merawat isu Kebebasan Beragama dan Berkepercayaan (KBB), tantangan yang dihadapi generasi muda dalam menjaga KBB, hingga peran Forum Mahasiswa Mentawai Sumbar dalam menjaga keberagaman.

Silmi Novita Nurman, Wakil Ketua Pelita Padang, menegaskan bahwa anak muda memainkan peran kunci dalam menjaga dan mempromosikan keberagaman serta kebebasan beragama di tengah tantangan yang ada. “Mereka dapat berkontribusi melalui berbagai upaya positif untuk memfasilitasi dialog, advokasi, dan edukasi masyarakat,” ujar Silmi. Sementara itu, Alem Maulana, Sekretaris Umum Pelita Padang, memaparkan sejarah terbentuknya Pelita Padang serta pencapaian yang telah diraih sejak tahun 2019 hingga 2024, dengan menekankan pentingnya peran organisasi dalam mempromosikan nilai-nilai kebebasan beragama dan keberagaman di masyarakat.

Narasumber lain, Anjali Sabna, anggota Pelita Padang, menguraikan tantangan yang dihadapi dalam merawat KBB. Ia menyoroti berbagai hambatan yang harus diatasi oleh anak muda dalam upaya mereka menjaga keberagaman dan toleransi. Adapun Nimus Zebua, Ketua Forum Mahasiswa Mentawai Sumbar, menjelaskan peran forum dalam merawat keberagaman dengan memaparkan berbagai inisiatif dan program yang telah dilakukan untuk mempromosikan kerukunan dan toleransi pada mahasiswa mentawai.

Seminar ini dihadiri oleh para mahasiswa UIN IB Padang yang antusias mengikuti diskusi serta mendapatkan wawasan mendalam mengenai pentingnya merawat keberagaman dan kebebasan beragama. HMP Studi Agama-agama UIN IB Padang berharap, melalui seminar ini, para mahasiswa semakin memahami peran mereka dalam mempromosikan nilai-nilai keberagaman dan toleransi di masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *