Pengembangan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang empat tahun ke depan (2017-2021) diarahkan kepada penguatan jurusan dan program studi dan penyiapan dasar-dasar bagi suatu fakultas yang mapan dan menjadi pusat keunggulan pengembangan ilmu-ilmu dasar keislaman sebagai sasaran utama. Hal ini dijadikan pola dasar rencana kerja tahunan dan menjadi acuan bagi setiap sub unit kerja/pelaksana dalam menyusun rencana kerja dan anggaran kegiatan tahunannya sehingga semua aktifitas kegiatan terarah kepada pencapaian visi dan misi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama dan UIN Imam Bonjol Padang (2017-2021).
Program dan sasaran Rencana strategis Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang 2017–2021, dapat dijelaskan sebagai berikut:
- Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Daya Tampung Fakultas
- Peningkatan kuantitas jurusan/prodi
- Peningkatan jumlah mahasiswa secara bertahap;
- Peningkatan beasiswa dan bantuan kesejahteraan mahasiswa.
- Meningkatkan Mutu Akademik dan Relevansi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
- Penguatan program studi dan unit pelaksana teknis;
- Mutu program studi dan fakultas
- Peningkatan nilai akreditasi prodi/jurusan.
- Peningkatan kualitas jurnal ilmiah Fakultas sehingga kembali terakreditasi.
- Akreditasi Fakultas.
- Evaluasi berkesinambungan terhadap Jurusan/Prodi, termasuk kurikulum
- Penetapan standar dan penerapan jaminan mutu;
- Penetapan standar jaminan mutu (quality assurance standard)
- Pelaksanaan sistem jaminan mutu (quality assurance) tingkat fakultas dan program studi
- Percepatan penyelesaian waktu studi mahasiswa;
- Penuruan angka putus kuliah;
- Peningkatan lulusan yang terserap lapangan kerja;
- Peningkatan kualitas sumber daya manusia dosen, karyawan, dan mahasiswa, termasuk peningkatan kualitas kemampuan berbahasa asing sesuai standar mutu;
- Peningkatan budaya dan kegiatan ilmiah
- Peningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan dan kesejahteraan mahasiswa;
- Peningkatan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
- Kuantitas, kualitas, dan publikasi penelitian
- Kuantitas, model, dan kualitas Pengabdian kepada Masyarakat
- Penguatan program studi dan unit pelaksana teknis;
- Meningkatkan Mutu Pelayanan
- Penataan administrasi dan manajemen;
- Pengembangan administrasi perkantoran yang berbasis komputer
- Pelayanan birokrasi perkantoran yang efektif dan efisien.
- Pengembangan sistem informasi;
- Otomasi dan peningkatan kualitas dan kuantitas perpustakaan
- Otomasi data base mahasiswa
- Penataan administrasi dan manajemen;
- Memperluas dan meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.
- Kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga dalam negeri;
- Kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga luar negeri.
- Pertukaran mahasiswa dan dosen
- Kerjasama dengan instansi pemerintah pusat dan daerah, baik dalam bentuk kerjasama program maupun pemanfaatan lainnya;
- Kerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat, baik dalam bentuk kerjasama program maupun pemanfaatan lainnya.
- Meningkatkan pembinaan pribadi, lembaga, dan kegiatan mahasiswa.
- Pembinaan pribadi;
- Pembuatan aturan tata tertib dan prilaku;
- Pembinaan lembaga mahasiswa (SMF, HMJ, PIK-KRM, Lembaga Penerbitan Mahasiswa, Riyadhushshalihin, dll)
- Pembinaan kegiatan ilmiah, life skill, bakat-minat, dan kerjasama.
- Melengkapi dan menata sararana dan prasarana kampus untuk menunjang pengembangan Fakultas.
- Penambahan gedung dan ruangan kuliah, kantor, laboratorium, dan student centre;
- Penambahan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
- Pengadaan dan penataan lahan parkir, taman, ruang terbuka umum, wisma, dan kantin.
- Meningkatkan silaturahim dan partisipasi warga Fakultas.
- Pengajian, rapat, arisan, pertemuan berkala;
- Kegiatan sosial, gotong royong, olah raga, rekreasi, dan lainnya
- Membenahi Organisasi Fakultas.
- Revitalisasi lembaga dan forum (Fokus, KAKK, Konsultasi Keluarga dan Agama, Koperasi, Tim Pengembangan Fakultas, Ikatan Alumni, Persatuan Orangtua, dan lain-lain);.
- Pembentukan lembaga baru sesuai kebutuhan.
- Mengadakan dan meningkatkan pemasukan Fakultas.
- Pembenahan pusat belanja;
- Kerjasama program yang profitable dengan instansi lain;
- Penyediaan jasa